Beberapa Gangguan Yang Bisa Dialami Sistem Hormon Manusia

System hormon manusia bertindak utama dalam mengelola perkembangan serta perubahan badan, peranan jaringan, metabolisme, situasi hati, sistem reproduksi, sampai peranan seksual. Oleh karenanya, masalah pada system ini bisa mengakibatkan problem kesehatan serius.

System hormon manusia terbagi dalam sebagian kelenjar paling utama : kelenjar tiroid, paratiroid, hipofisis, hipotalamus, adrenal, epifisis, pankreas, serta kelenjar reproduksi. Hormon mentransfer instruksi serta info dari satu sel ke sel lain. Walau sekian, setiap type hormon cuma bisa merubah beberapa sel spesifik.

Masalah System Hormon

Biasanya masalah system hormon dikarenakan dua hal paling utama : ada tonjolan seperti tumor pada system hormon serta tidak seimbangan hormon. Kandungan hormon pada badan manusia butuh senantiasa ada dalam keadaan normal. Kandungan hormon yang sangat tinggi atau sangat rendah bisa mengakibatkan masalah pada badan.

Masalah hormon pertumbuhan

Tumor pada kelenjar hipofisis bisa mengakibatkan perkembangan terlalu berlebih pada tulang serta sisi badan lain. Keadaan yang dimaksud gigantisme ini bisa diatasi dengan mengangkat tumor itu. Demikian sebaliknya, badan manusia tidak berkembang dengan baik karna minimnya hormon perkembangan yang di produksi kelenjar pituitari. Keadaan ini bisa diatasi dengan therapy pengganti hormon serta pemberian obat-obatan.

Diabetes type 1

Diabetes type 1 berlangsung karena kemampuan pankreas yg tidak menghasilkan cukup hormon insulin. Pemicunya sendiri belum di ketahui tentu, tetapi masalah diabetes type 1 pada anak serta remaja biasanya karena sebab masalah system imun, yakni waktu bagian-bagian system kekebalan badan manusia menghancurkan beberapa sel pankreas yang menghasilkan insulin. Suntikan insulin dengan berkala diperlukan untuk mengatasi keadaan ini.

Diabetes type 2

Pada diabetes type 2, badan tidak bisa merespons insulin dengan normal atau produksi insulin yang menyusut. Penyakit ini bisa di ketahui dari kandungan gula darah yang bertambah. Beberapa pasien membutuhkan suntikan insulin dengan teratur, sesaat beberapa pasien yang lain bisa mengontrol kandungan gula darah dengan obat-obatan, berolahraga, serta pergantian alur makan.

Penyakit Addison Ketakmampuan kelenjar adrenal menghasilkan kortikosteroid hingga mengakibatkan kelelahan, lemas, pergantian warna kulit, dehidrasi, sakit perut, serta mual. Keadaan ini umumnya diatasi dengan obat-obatan untuk menukar hormon kortikosteroid.

Hipotiroidisme

Keadaan ini disebabkan karena produksi hormon tiroid yang menyusut. Minimnya kandungan tiroid dalam darah bisa mengakibatkan kulit kering, bertambahnya berat tubuh, konstipasi, serta kelelahan. Anak-anak yang alami keadaan ini biasanya lebih lambat bertumbuh serta lebih lama meraih pubertas.

Hipertiroidisme

Keadaan ini berlangsung waktu kandungan hormon tiroid dalam darah begitu tinggi, satu diantaranya karena penyakit Grave, yang mengakibatkan kelenjar tiroid jadi begitu aktif. Hipertiroidisme ditandai dengan penurunan berat tubuh yang cepat, banyak berkeringat, gelisah, serta jantung yang berdebar kencang. Kondisi ini bisa dikerjakan dengan obat-obatan, radiasi, serta operasi.

Hipopituitarisme

Adalah masalah yang ditandai dengan sekurang-kurangnya hormon yang di produksi kelenjar hipofisis (pituitary) karena sebagian type penyakit berlainan. Sebagian aspek yang bisa mengakibatkan keadaan ini yaitu tumor, radiasi, infeksi, serta banyak hal lain. Penyembuhan dari masalah ini yaitu dengan therapy pergantian hormon serta pemberian obat-obatan.

Pubertas dini

Sebagian anak alami pubertas lebih cepat karna kelenjar hipofisis melepas hormon yang merangsang kelenjar kelamin untuk menghasilkan hormon testosteron serta estrogen lebih awal. Pubertas awal umumnya ditandai dengan timbulnya jerawat, perkembangan tubuh yang cepat, bau tubuh seperti orang dewasa serta timbulnya rambut kemaluan serta ketiak sebelumnya umur yang semestinya.

Sindrom Cushing

Timbulnya gejala-gejala karena paparan hormon kortisol dalam jumlah banyak. Satu diantara penyebabnya intinya yaitu pemakaian obat-obatan kortikosteroid dalam periode panjang. Tanda-tanda yang dapat didapati pada sindrom Cushing salah satunya yakni berat tubuh yang bertambah, muka terlihat bulat (moon face), penimbunan lemak di leher serta bahu (buffalo hump) serta penurunan gairah seksual.

Untuk mendiagnosis peluang serta penyebabnya masalah pada system hormon, dokter bisa lakukan kontrol urine serta kontrol darah untuk tahu kandungan hormon. Sesaat, tonjolan pada kelenjar bisa dideteksi dengan pemindaian. Bila Anda mempunyai tanda-tanda yang terkait dengan masalah system hormon, tambah baik selekasnya berkonsultasi dengan dokter sebelumnya muncul masalah lain yang lebih serius.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *